Puskesmas di Daerah Tak Selalu Berkondisi Memprihatinkan

Oleh : Septia Indriasari
Dokter Gigi Puskesmas Kopang Lombok Tengah

Dentamedia No.1 Vol.5 : Januari-Maret 2001

Dalam berbagai kesempatan baik itu dalam forum resmi maupun dalam berita di massmedia sering kita melihat atau membaca kisah sedih Puskesmas di daerah, letaknya terpencil, bangunannya sederhana, peralatannya terbatas, serta tenaga medisnya tidak ada, sehingga ada anekdot yang mengatakan bahwa Puskesmas itu kepanjangan dari Pusing Keseleo Masuk Angin; dengan kata lain hanya penyakit sederhana saja yang dapat ditangani disini.
Pandangan seperti itu sudah sangat populer di tengah masyarakat sehingga tak mengherankan bila sebagian besar calon dokter gigi PTT merasa enggan untuk bertugas di Puskesmas daerah, apalagi yang terpencil dan sangat terpencil.
Ternyata hal ini tidak sepenuhnya benar sebagai contoh adalah Puskesmas Kopang Lombok Tengah, letaknya 35 Km dari Mataram, banyak yang mengira termasuk Puskesmas dengan kondisi seperti banyak diceritakan orang padahal tidak, bangunannya bagus berlantai keramik, pegawainya banyak ada 35 orang dan untuk bagian gigi ada 1 oarang dokter gigi, 2 perawt gigi, dan 1 tekniker gigi, dental unitnya termasuk moderen dan lengkap sehingga bisa dipakai untuk mengerjakan pasien apapun. Mungkin masih banyak Puskesmas daerah lain yang berkondisi baik atau bahkan lebih baiak dari Puskesmas Kopang, apalagi dengan otonomi daerah tentu daerah-daerah dengan PAD besar akan memmpunyai cukup dana untuk membanguin Puskesmas dengan kondisi dan fasilitas yang bukan mustahil tidak kalah dengan klinik-klinik di kota besar.
Dokter gigi muda tidak perlu ragu bertugas di daerah karena belum tentu kondisinya seseram yang dikabarkan orang. Daerah masih sangat membutuhkan dokter gigi, sebagai contoh disekitar Puskesmas Kopang ada 2 Puskesmas yang belum memiliki dokter gigi yaitu Puskesmas Muncan (12 Km dari Kopang) dan Puskesmas Janapna (12 Km dari Kopang). Semua tempat di Pulau Lombok tidak ada yang jauh dari Ibukota Provinsi, karena pulaunya kecil, kota terjauh hanya sekitar 70 Km dari Mataram. Sekali lagi tidak usah khawatir bertugas di manapun karena semua tempat pasti ada sisi baiknya.

Tidak ada komentar:

 
Hak cipta copyright © 1997-2018 Dentamedia, isi dapat dikutip dengan menyebutkan sumbernya
© free template by Blogspot tutorial