Iklan Turut Pengaruhi Opini Masyarakat Tentang Pemeliharaan Kesehatan Gigi

Oleh : Alfini OctaviaDokter Gigi Puskesmas Kampung Sawah Lampung

Dentamedia No.1 Vol.5 : Januari-Maret 2001

Di era globalisasi ini masyarakat semakin mudah untuk mendapatkan informasi baik dari media cetak maupun elektronik, sesuatu yang terjadi di sebuah tempat, pada saat itu juga dapat diketahui beritanya oleh penduduk di belahan bumi yang lain; sebuah jaringan televisi kabel mengatakan bahwa definisi berita telah bergeser dari sesuatu yang telah terjadi menjadi sesuatu yang sedang terjadi. Itulah gambaran betapa dahsyatnya teknologi di bidang komunikasi.
Dampaknya terhadap dunia kesehatan gigi adalah semakin mudahnya informasi mengenai kesehatan gigi mulut sampai kepada masyarakat sehingga dokter gigi pada saat ini bukan lagi satu-satunya yang mengetahui lebih banyak lagi hal-ikhwal mengenai kesehatan gigi dan mulut.
Televisi dan radio merupakan media massa yang dapat dengan mudah menjangkau seluruh lapisan masyarakat sehingga penyampaian informasi termasuk dalam bentuk iklan akan lebih efektif mencapai konsumen sasaran. Apabila informasi ini sampai kepada konsumen yang mempunyai terap pengetahuan cukup tinggi maka dia akan langsung begitu saja menyerapnya melainkan akan mencernanya terlebih dahulu. Namun bila sampai pada konsumen yang mempunyai keterbatasan pengetahuan maka informasi ini akan ditelan bulat-bulat. Maka adalah bukan sesuatu yang mustahil apabila iklan tentang alat atau obat pemeliharaan kesehatan gigi dapat mempengaruhi opini masyarakat tentang pemeliharaan kesehatan gigi.
Melihat kenyataan ini sudah selayaknya apabila produsen yang memproduksi produk pemeliharaan kesehatan gigi beserta biro iklannya mempunyai tanggung jawab moral kepada masyarakat agar tidak terjadi opini yang keliru. Alangkah idealnya apabila iklan yang disajikan tidak hanya sekedar mencantumkan kelebihan-kelebihan suatu produk tetrapi juga bersifat mendidik masyarakat, misalnya mengatakan ”sikat gigi ini sangat efektif membersihkan plak tetapi karena bulu sikatnya keras tidak cocok dipakai untuk mereka yang mempunyai gusi sensitif” atau misalnya lagi dengan mengatakan ”pemakaian obat kumur yang terlalu sering dapat menganggu kesimbangan flora normal rongga mulut”.
Terpengaruhnya masyarakat oleh iklan sebenarnya bukanlah sesuatu yang negatif asalakan pesan yang dibawakan oleh iklan tersebut adalah sesuatu yang benar dan dapat dipertanggung jawabkan, untuk mewujudkan hal ini selain diperlukan kesadaran produsen serta biro iklanya juga diperlukan pengawasan yang cukup memadai dari pemerintah.

Tidak ada komentar:

 
Hak cipta copyright © 1997-2018 Dentamedia, isi dapat dikutip dengan menyebutkan sumbernya
© free template by Blogspot tutorial