Mencermati Tugas Dokter Gigi Puskesmas

Oleh : Kosterman Usri
Dokter Gigi Puskesmas Juntinyuat Indramayu

Dentamedia No. 4 Vol. 5 : Oktober-Desember 2001

Seiring kali kita mendengar ada Dokter Gigi Puskesmas yang mengeluh, merasa bosan bekerja karena jumlah pasiennya sedikit, ada yang hanya sekitar 3 pasien tiap hari bahkan ada yang tidak lebih dari 10 pasiennya dalam satu bulan.
Sebenarnya kebosanan itu tidak perlu terjadi apabila semua Dokter Gigi Puskesmas kembali mengingat apa yang pernah diperolehnya saat menjalani pelatihan sebelum ditugaskan di sebuah Puskesmas. Tugas Dokter Gigi Puskesmas bukan hanya sekedar memberikan pelayanan medic gigi dasar di Puskesmas, tetapi juga hal-hal lain yaitu pembinaan dan pengembangan serta pelayanan asuhan pada kelompok rawan, bila tidak ada perawat gigi.
Secara teori jumlah penduduk Indonesia yang lebih dari 180 juta itu dibagi-bagi berdasarkan tempat tinggalnya, kemudian tiap bagian itu kesehatan giginya diserahkan pada seoarng penanggung jawab yaitu Dokter Gigi Puskesmas. Tidak satu orangpun penduduk Indonesia yang terlewatkan dalam teori ini, semuanya ada penanggung jawabnya. Lalu apa tugas penanggung jawab itu? Tugasnya adalah mencegah orang yang menjadi tanggung jawabnya agar tidak menderita sakit gigi dan melakukan perawatan atau merujuk pada sarana pelayanan kesehatan lain apabila terlanjur sakit gigi. Tentu tanggung jawab itu tidak akan tertangani dengan baik apabila seorang Dokter Gigi P[uskesmas hanya berdiam diri menanti pasien yang datang.
Secara kasar ada 3 kegiatan yang harus dikerjakan Dokter Gigi Puskesmas yaitu pelayanan medic gigi dasar, UKGS, dan UKGMD.
Pelayanan medic gigi dasar dilakukan pada masyarakat yang datang atau dirujuk ke Puskesmas karena menderita sakit atau ada kelainan pada gigi dan mulutnya. Jenis-jenis pelayanan yang dapat diberikan sangat tergantung pada sarana dan fasilitas yang disediakan, ada Puskesmas yang hanya dapat melayani pencabutan gigi saja tetapi ada pula yang dapat memberikan pelayanan nyaris lengkap termasuk pembuatan gigi palsu dan perawatan ortodonti. Tercakup di dalam pelayanan medic gigi dasar ini adalah memberikan penyuluhan secara individu terhadap pasien yang datang.
UKGS adalah kegiatan lain Dokter Gigi Puskesmas, UKGS merupakan bentuk pelayanan kesehatan gigi melalui jalur sekolah yang menitikberatkan pada upaya penyuluhan dan pencegahan serta memberikan pelayanan paripurna pada kelas selektif. Secara garis besar dalam kegiatan UKGS Dokter Gigi melakukan penyuluhan, pemeriksaan (penjaringan), dan perawatan paripurna. Apabila semuanya dilaksanakan sesuai petunjuk maka kegiatan UKGS akan sangat menyita waktu, apalagi bila jumlah SD dan muridnya di suatu wilayah kerja Puskesmas cukup banyak.
Kegiatan terakhir yang paling sering tidak dilaksanakan oleh Dokter Gigi Puskesmas adalah UKGMD yang merupakan bentuk pelayanan kesehatan gigi melalui jalur keluarga. Untuk mempermudah pelaksanaan, UKGMD dapat dilakukan terpadu dengan Posyandu. Serupa dengan UKGS, UKGMD juga menitik beratkan pada upaya penyuluhan dan pembinaan, sedangkan untuk tindakan perawatan dilakukan dengan cara dirujuk ke Puskesmas.
Tidak boleh dilupakan adalah 5 tugas manajerial dokter gigi yaitu:
1.Mengidentifikasi, merencanakan, dan memecahkan masalah serta mengevaluasi program kesehatan gigi dan mulut.
2.Mengkoordinir dan memonitor pelaksanaan program kesehatan gigi.
3.Mengkoordinir serta menggerakkan tenaga perawat gigi dalam memberikan pelayanan asuhan.
4.Membimbing dan mengawasi perawat gigi dalam bidang medis teknis bila mendapat pendelegasian dari dokter gigi.
5.Bertanggung jawab dalam pencatatan dan pelaporan pelaksanaan program dan pelayanan kesehatan gigi.
Bila semua tugas Dokter Gigi Puskesmas dilakukan sesuai dengan petunjuk atau bahkan ditambah dengan beberapa inovasi pribadi, maka dapat dipastikan tidak akan ada lagi yang mengeluh merasa bosan, pekerjaan Dokter Gigi Puskesmas ternyata tidak semuanya tergantung dari jumlah pasien yang datang.

Tidak ada komentar:

 
Hak cipta copyright © 1997-2018 Dentamedia, isi dapat dikutip dengan menyebutkan sumbernya
© free template by Blogspot tutorial